Timbangan Digital

Timbangan sebagai alat ukur massa yang dipakai pada jaman sekarang ini sudah memiliki fungsi dan cara kerja secara elektronik dan beroperasi dari sumber arus listrik. Beberapa informasi yang menarik dan relevan akan diulas di sini dengan tujuan untuk memberikan penjelasan mengenai timbangan digital. Timbangan digital merupakan salah satu produk unggulan yang sudah banyak dipasarkan dan dijual oleh PT Alexindo Putra Mandiri (Altraman), yang dibagi dalam beberapa tipe sesuai dengan spesifikasi dan bentuk fisik timbangan.

Timbangan digital banyak digunakan pada berbagai sektor ekonomi dan pekerjaan. Bobot bahan yang ditimbang akan pada layar monitor LED. Ada alasan yang kuat mengapa timbangan digital menggantikan timbangan analog atau mekanis, yaitu tingkat ketelitian (kepekaan) timbangan digital yang sangat tinggi. Tingkat akurasi atau ketelitian bisa sampai 3 atau 4 digit dibelakang koma, khususnya timbangan digital yang digunakan pada industri farmasi.

Selain itu, penggunaan timbangan digital lebih praktis/mudah dibandingkan dengan timbangan mekanis/analog. Penggunanya tinggal menekan tombol tera (tare) untuk mengenolkan bobot jika perlu dan tinggal menaruh barang yang akan ditimbang pada wadah atau alas timbangan. Selanjutnya, bobot yang terukur akan langsung ditampilkan pada layar monitor/display. Harga jual timbangan digital saat ini sudah relatif terjangkau (murah). Banyak supplier yang menjual timbangan digital dengan berbagai merek dengan harga murah. Untuk itu, seorang pengguna mesti cermat dalam mengenali timbangan digital yang berkualitas.

Sesuai dengan penggunaannya di lapangan, timbangan digital yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT Altraman meliputi beberapa kategori, mulai dari yang bisa mengukur bobot sampai 5000 kg sampai dengan bobot yang ringan dalam satuan gram. Tipe dan merek produk yang dihadirkan terdiri dari:

1. RHINO dan RHINOX Floor Scale

Jenis timbangan ini disebut timbangan lantai karena platform penimbangan yang menyerupai sebidang lantai persegi empat. Ukuran dan kapasitas yang ada bisa disesuaikan dengan permintaan. Pada keempat sudutnya terpasang 4 load cell dan junction box yang berfungsi untuk menggabungkan output dari masing-masing load cell karena output load cell berbeda-beda.

Ukuran floor scale yang tersedia sebagai berikut:
1. 1 meter x 1 meter kapasitas 500 kg dengan akurasi 200 gram
2. 1.2 meter x 1.2 meter kapasitas 1000 kg, akurasi 500 gram
3. 1.2 meter x 1.5 meter kapasitas 2000 kg, akurasi 1 kg
4. 1.5 meter x 2 meter kapasitas 3000 kg, akurasi 1 kg
5. kapasitas 5000 kg ketelitian 2 kg  ukuran platform 1.5 meter x 1.5 meter
6. kapasitas 5000 kg ketelitian 2 kg ukuran platform 1.5 meter x 2 meter

RhinoX Floor Scale merupakan versi upgrade dari Rhino, dengan indikator dan fitur istimewa. Pada RhinoX Floor Scale sudah bisa terkoneksi dengan printer dan CPU melalui RS-232. Tersedia opsi berupa ramp untuk kedua tipe. Khusus RhinoX tambahan opsi yang ada, ticket printer, barcode label printer, weighing software dan alarm & tower lamp.

2. CS, MACS-W Portable Scale dan MACS-C Counting Scale

Timbangan hitung (counting scale) bermanfaat untuk menghitung barang atau materi kecil seperti baut, mur, transistor, dioda, elco, transistor, lampu LED, dan lain-lain. Pada dasarnya setiap barang atau materi mempunyai berat tertentu. Ambil contoh, mur dengan perhitungan sederhana untuk mendapatkan gambaran akan fungsinya. Apabila setelah ditimbang, sekantung mur dengan bobot 1 kg berisi 10 mur, maka kantung mur yang ketika ditimbang berbobot 2 kg, maka akan terhitung oleh timbangan ini berisi 20 mur.


Spesifikasi untuk tipe timbangan ini, sebagai berikut:
1. kapasitas 3 kg, akurasi 0,05 g
2. kapasitas 6 kg, akurasi 0,1 g
3. kapasitas 15 kg, akurasi 0,2 g
4. kapasitas 30 kg, akurasi 0,5 g
Untuk ukuran platform, MACS-W dan MACS-C sama, yaitu 218 x 260 mm. CS 340 X 220 mm. Sumber listrik dari batere rechargeable dan adaptor.

3. EAGLE, MCS dan DLE Crane Scale

Timbangan gantung merupakan salah satu jenis timbangan yang banyak digunakan di kalangan masyarakat pedagang pada jaman dahulu. Timbangan gantung (crane scale) mempunyai cara penggunaan yang berbeda dari tipe atau jenis timbangan lainnya. Seperti namanya, timbangan gantung dipakai sebagai alat ukur berat benda dengan cara menggantungnya di bagian pengait atasnya. Bagian ini adalah hoist atau kerekan yang terbuat dari besi dan dipegang dengan menggunakan tangan. Dan ada batang besi horizontal yang mempunyai sebuah gandul yang bisa digeser kanan dan kiri untuk menunjukkan bobot benda yang ditimbang.

Pada zaman digital, fungi timbangan gantung ini sudah mengadopsi teknologi digital sehingga bobot timbangannya sendiri lebih ringan, dengan kemampuan timbang benda yang lebih berat. Angka digital yang memakai layar LED menunjukkan hasil timbangan dengan cahaya yang terang dan tahan lama. Proses kerjanya otomatis sehingga lebih mudah dan praktis. Benda yang ditimbang akan digantung dan load cell akan bekerja secara otomatis. Timbangan gantung digital produksi PT Altraman yang ekonomis bisa dioperasikan dengan konsumsi energi dari 2 biji batere alkaline AA. Dan ini biasanya cocok dipakai untuk menimbang bayi, hasil laut, produk pangan, dll.

Kapasitas timbangan yang tersedia mulai dari 75 kg, 200 kg, dan 300 kg. Tampilan fisik untuk kapasitas 75 kg dan 200 kg sama, untuk 300 kg bentuk timbangannya mirip seperti crane dalam ukuran mini.


Spesifikasi untuk tipe timbangan ini, sebagai berikut:
1. Kapasitas 75 kg, akurasi 20 g
2. Kapasitas 200 kg, akurasi 50 g
3. Kapasitas 300 kg, akurasi 100 g
4. Timbangan Duduk (Bench Scale) Alexa, Mustang, TMX, TM-ALEXA, TMQ

Secara tradisional, timbangan duduk banyak dipakai di pasar dan gudang barang sandang dan pangan untuk menghitung barang yang baru dipasok dari sentra-sentra produksi dari wilayah lain. Kita bisa membayangkan kuli panggul yang mengangkat beras dalam karung ukuran 20 kg dan 50 kg dari kendaraan dan langsung ditimpakan ke landasan timbangan duduk dan itu berlangsung dari hari ke hari.

Saat ini, timbangan duduk ini mengkombinasikan kekuatan timbangan mekanik dan timbangan digital. Timbangan ini didisain untuk kuat terhadap bantingan dalam penimbangan secara kasar. Dengan kondisi pemakaian yang seperti digambarkan di atas, load cell ditempatkan pada leher alat timbangan ini sehingga tidak terkena dampak langsung dari beban timpaan barang yang hendak ditimbang.

Yang perlu diperhatikan dari waktu ke waktu adalah karat yang bisa terjadi ketika timbangan duduk dipakai di sekitar perairan baik itu sungai, laut dan sebagainya. Apabila terjadi karat pada plat besi, maka hasil timbangan yang ditampilkan tidak sesuai. Pemeriksaan secara rutin perlu diperhatikan untuk kondisi tersebut, walaupun saat ini timbangan duduk produksi PT Altraman sudah menerapkan full-pressed body & powder-coated. Berbagai fitur teknologi untuk tampilan digital dan koneksi data berikut software-na juga bisa didapatkan pada tipe-tipe timbangan duduk ini. Menggunakan sumber daya dari rechargeable battery.